Malang dan Solo Bersaing Jadi Tuan Rumah

Kota Malang dan Aremania siap mensukseskan dan mengamankan Kongres PSSI.

Kota Malang dan Solo bepeluang menjadi tuan rumah Kongres PSSI lanjutan sebelum tanggal 30 Juni mendatang. Masing-masing kepala pemerintah daerah setempat sudah menyatakan siap memfasilitasi segala kebutuhan kongres.
Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Andi Mallarangeng dalam kunjungan ke Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis 2 Juni 2011, baik Kota Malang maupun Solo sama-sama berpeluang, atau daerah lainnya juga demikian.
Kendati demikian, Andi tidak memastikan Malang atau Solo adalah lokasi yang akan dipilih, sebab semua akan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Komite Normalisasi (KN), yakni Agum Gumelar sebagai ketuanya.
"Tapi, bagi saya semua daerah berpeluang, termasuk Solo yang juga menawarkan menjadi tuan rumah kongres," kata Andi di Malang.
Diakui Andi, Kota Malang memang pernah berhasil menyelenggarakan gawai sepakbola nasional yakni Kongres Sepak Bola Nasional (KSN) beberapa waktu lalu.


Oleh karena itu, sukses Kongres KSN beberapa waktu lalu, bisa diterapkan pada kongres lainnya. "Ide bagus digelar di Malang, sebab dulu ada KSN sukses digelar di sini," jelas Andi.
Namun, tidak dipungkiri juga, Solo pernah menorehkan sejarah dalam sepakbola nasional. Dimana, pada 1930 kali pertama Kongres PSSI digelar dan Ir Seoratin adalah orang pertama yang dipercaya memimpin PSSI waktu itu.
Sehingga, keinginan mengulang kembali sejarah manis waktu itu, pihak pemerintah kota ingin menjadikan Kota Solo sebagai tuan rumah Kongres PSSI 30 Juni mendatang.
Melalui Wakil Walikota Solo, FX Rudi Rudyatmo juga menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah Kongres PSSI selanjutnya. "Saya akan usulkan ke KN agar Solo menjadi tempat penyelenggaraan, dan diharapkan semangat kelahiran PSSI yang bermula di kota ini bisa membakar semangat para peserta kongres," kata Wakil Walikota Solo, FX Rudi Rudyatmo.
Tak ingin kalah, Bupati Malang Rendra Kresna, mengaku siap apabila nantinya wilayah Kabupaten Malang ditunjuk sebagai tuan rumah kongres. Ia dan suporter Arema yakni Aremania siap mengamanakan dan menyambut baik pelaksanaan kongres itu.
"Kami siap, baik sarana maupun fasilitasnya, sebab saya yakin Aremania juga akan menyambut baik apabila wilayah Kabupaten Malang ditunjuk menjadi tuan rumah Kongre PSSI." katanya. Laporan: Ibrahim | Malang

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar